Ini Ungkapan Perbankan ke Jokowi


Disfiyant Glienmourinsie, Rico Afrido Simanjuntak
Kamis,  10 September 2015  −  01:32 WIB


Presiden Jokowi sewaktu di acara Indonesia Banking Expo mengaku sempat bertukar pikiran dengan para direksi bank. Foto: Dok SindoPhoto


JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sewaktu di acara Indonesia Banking Expo mengaku sempat bertukar pikiran dengan para direksi bank yang ada di Indonesia baik swasta maupun BUMN.

Menurutnya, pengakuan para direksi bank tersebut sangat mengutarakan dengan kondisi ekonomi Indonesia yang sebenarnya.

Jokowi mengaku senang, bahwa apa yang disampaikan mereka sebagai ungkapan apa adanya terkait kondisi perbankan saat ini baik-baik saja dan tak ada masalah.

"Jadi sebelum masuk ke ruangan ini saya bertukar pikiran dan direksi bank-bank kita, baik BUMN dan swasta. Saya tanyakan blak-blakan saja kondisi perbankan sekarang seperti apa. Saya senang sekali disampaikan apa adanya. Mereka bilang bapak enggak usah khawatir perbankan tak ada masalah," kata Jokowi di Jakarta, Rabu (9/9/2015).

Pria asal Solo tersebut juga menanyakan masalah kredit macet atau non performing loan (NPL). Dia mengatakan, para direksi juga mengatakan tidak ada masalah serius di tengah pelemah ekonomi global saat ini.

"Mereka bilang juga enggak masalah. Kira-kira kayak biasa dua naik turun sedikit. Ya saya senang. Kedua saya tanya pertumbuhan kredit. Mereka bilang kredit baik pak di angka15-16%. Wah berarti masih ada pertumbuhan," ungkap Jokwoi.

Lantas soal profit dari bank, dia sempat berbincang dengan direktur utama BCA. Dia mengatakan, memang saat ini profit BCA turun tapi sedikit. "Dia bilang turun, tapi sedikit. Dan meyakinkan bahwa masih bisa untung. Namanya perusahaan kalau untung gede diam, kalau untungnya kurang dikit pasti ngomongnya banyak," katanya.

Saat ini, kata Jokowi, tidak perlu ada yang ditutupi atas kondisi ekonomi dalam negeri, yang pasti semua mencari solusi mengenai masalah ekonomi.

"Enggak perlu ditutupi. Paling penting sekarang bagaiman kita cari solusi dan jalan keluarnya. Sekali lagi terima kasih atas tukar pikiran, kepada kita semua, optimisme, ketidak khawatiran itu harus ada tapi kita harus hati-hati," tutupnya.


(izz)
dibaca 2.564x



source: http://ekbis.sindonews.com/read/1042648/178/ini-ungkapan-perbankan-ke-jokowi-1441799229
Diberdayakan oleh Blogger.